Pada liburan akhir semester gasal kali ini, untuk kesekian kalinya, Lembaga Beasiswa Pendidikan & Pembinaan Yatim/Dhuafa Bina Insan Mulia ( LBP YD BIM ) kembali mengadakan acara untuk melatih & membina siswa/I binaan agar menjadi generasi yang mandiri & penuh semangat dalam meraih cita-cita dalam hidup & kehidupan.

 

Adapun tempat tujuan kita untuk mengisi liburan kali ini adalah kawasan wisata pantai anyer, tepatnya di pantai he 200. Format liburan kita kali ini tetap outdoor activity dimana siswa/I tetap beraktifitas di alam terbuka dengan tenda & hamparan tepi pantai yang mempesona.

Sabtu, 4 Januari 2014

Kita berkumpul di BimCenter jam 12.45 bbwi, satu persatu siswa/I binaan datang dengan perlengkapan yang telah di tentukan, ada yang naik kendaran umum, ada yang di anter keluarganya, ada juga yang bareng pengurus lembaga, setelah pengecekan perlengkapan & persiapan selesai, sesuai kesepakatan awal kita pun berangkat menuju lokasi acara jam 13.45 bbwi  dengan menggunakan bis.

Alhamdulillah, kurang lebih jam 16.45 bbwi kita sampai di lokasi acara. Siswa/I Bim kita bagi menjadi 2 kelompok putra & putri untuk segera mendirikan tenda, setelah tenda berdiri Alhamdulillah  ada waktu sebentar untuk menikmati sunset di pantai dengan semilir angin yang subhanallah begitu indah & menakjubkan, dilanjutkan dengan persiapan sholat maghrib.

 

Setelah sholat maghrib & Isya yang kita dirikan dengan berjamaah sebagai suplemen untuk ruhiyah kita, kita pun menikmati hidangan makan malam bersama untuk kebutuhan jasmani kita, dan tepat jam 20.00 bbwi  acara pembukaan WISATA ILMU ( SUPER CAMP BIM ) pun dimulai, Pembukaan  diisi dengan kata sambutan dr Yayasan & Lembaga yang intinya mengajak pada siswa/I Bim untuk tetap semangat mengikuti semua kegiatan yang diadakan Lembaga sehingga akan dapat menjadi generasi yang cerdas sesuai dengan slogan lembaga “ MENGGALANG PEDULI CERDASKAN GENERASI”.

 

Pukul 21.00 bbwi tepat materi partama dimulai,  materi di sampaikan Kak  Agus Setiawan ST. (Alumni Siswa binaan BIM) dengan tema “ Dalam keterbatasan kita raih cita-cita yang tinggi”, materi ini lebih ditekankan pada berbagi pengalaman karena  Kak Agus lebih banyak bercerita tentang pengalaman hidupnya saat-saat menjadi siswa binaan BIM dan akhirnya dapat menyelasaikan kuliah di UNTIRTA dan menjadi lulusan terbaik.

 

Acara di lanjutkan dengan nonton bareng film inspiratif tentang perjuangan hidup, semoga film ini dapat memberikan dorongan pada siswa/I BIM untuk terus bersyukur dan bersyukur karena disbanding kondisi kita saat ini, masih banyak yang lebih kurang beruntung dari kita.

 

Pukul 23.30 bbwi,  saatnya istirahat…………………………….zzzzzzzzzzzz…….zzzzzzzz……………zzzzzzzzzzzz

 

Ahad, 5 Januari 2014

 

Setelah Sholat subuh berjama’ah dan dzikir bersama, kita senam bersama. Senam yang kita lakukan adalah senam aerobic nusantara dan dilanjutkan dengan senam poco-poco ala tentara. Semoga kebersamaan ini dapat memberikan semangat tersendiri pada siswa/I BIM untuk terus bersungguh-sungguh dalam belajar dan mengikuti pembinaan yang diadakan lembaga.

 

Tepat jam 08.00, acara dilanjutkan dengan outbond dengan permainan-permainan sederhana tapi penuh makna.

Dimulai dengan permainan dinamika kelompok yang bertujuan untuk menambah keakraban dan sikap saling memahami diantara siswa/I BIM yang berbeda-beda latar belakang dan wilayah tempat tinggalnya.

 

Selanjutnya dilakukan permainan-permainan lain yang dapat diambil banyak ibrah/pelajaran yang dapat direfleksikan dalam hidup dan kehidupan kita.

 

  1. Panca Indra,

 

Permainan ini menggambarkan betapa kita harus bersyukur dengan kondisi kita yang diciptakan Allah SWT dalam keadaan yang sempurna dengan panca indra yang lengkap, sehingga dengan itu kita dapat berkomunikasi  dan berhubungan dengan sesame kita dengan mudah dan dapat saling mengerti

 

  1. Tali Ruwet

 

Permainan ini memberikan gambaran pada kita bahwa kerjasama, saling memahami daqn saling mendukung dalam menghadapi permasalahan hidup itu sangat penting, karena siapapun kita pasti punya kelemahan sehingga selalu dan selamanya membutuhkan uluran dan bantuan orang lain.

 

  1. Plan B

 

Permainan ini memberikan pelajaran pada kita bahwa dalam mencapai cita-cita ataupun tujuan hidup kita, kita perlu plan/rencana cadangan karena hidup ini tidak selamanya datar dan pasti banyak rintangan dan hambatan se4hingga kita tidak perlu tabu dalam merubah rencana kita dalam mencapai tujuan.

 

  1. Water Boom

 

Permainan penutup ini semoga dapat memberikan kita semangat untuk terus berjuang dan menjadi yang terbaik dalam hidup kita. Karena sesungguhnya kita diciptakan Allah SWT di dunia ini untuk menjadi khairu Ummah ( Ummat yang terbaik)

 

KEEP SPIRIT TO FIGHT…………..

Untuk anak-anak ku siswa/I BIM

SEE YOU ON THE TOP…………..

By,

FATHUR ROHMAN